Ciri Pinjol dengan Debt Collector Berbahaya, Suka Mengintimidasi dan Mengancam, Masih Ada di Tahun 2024?

- 23 Mei 2024, 16:17 WIB
Pinjol dengan debt collector berbahaya yang suka mengintimidasi dan mengancam, berikut tiga ciri-cirinya
Pinjol dengan debt collector berbahaya yang suka mengintimidasi dan mengancam, berikut tiga ciri-cirinya /Unsplash/ Vitolda Klein

PORTAL PURWOKERTO - Debt collector dari pinjol ilegal kerap menggunakan ancaman verbal yang mengintimidasi mental dari penggunanya, di tahun 2024, kejadian seperti ini masih kerap terjadi. Lalu bagaimana membedakan debt collector dari pinjol ilegal dan yang resmi terdaftar OJK?

Kemudahan akses pinjaman dengan adanya sistem online bukan hanya mendatangkan keuntungan tapi juga niat jahat oknum yang ingin menyalahgunakan yaitu dengan adanya penipuan pinjaman online, terutama yang melalui SMS.

Saat ini, banyak penawaran pinjaman online yang beredar melalui SMS yang masuk menjadi spam secara acak ke nomor pengguna. Selain melalui SMS, pesan spam juga bisa diterima melalui WhatsApp dan email.

Pemerintah sudah menyiapkan prosedur untuk menghentikan SMS spam, namun ini tidak dapat menghilangkan sepenuhnya, hanya mengurangi jumlahnya. Oleh karena itu, waspadalah saat menerima SMS tawaran pinjaman. 

Baca Juga: Pernah Diintimidasi Debt Collector? Simak 8 Hal Penting Ini, Jangan Mau Tertipu Pinjol Ilegal 2024

Debt collector yang suka mengintimidasi sudah pasti berasal dari pinjol ilegal, karena pinjol resmi terdaftar OJK harus mengikuti berbagai peraturan yang wajib ditaati oleh entitas pinjaman dana ini.

Berikut ciri-ciri debt collector dari pinjol ilegal yang wajib dihindari dan jangan sampai berususan dengannya.

1. Pinjol yang menawarkan pinjaman melalui SMS dan dari nomor tidak dikenal

Biasanya, SMS penipuan berasal dari nomor umum dengan banyak digit. SMS resmi biasanya berasal dari masing-masing operator yang terdiri dari 3-6 digit angka.

Halaman:

Editor: Galih Prabashinta P.P.


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah