Kuliah Umum G20 Bank Indonesia tentang Ekonomi Global, Perry Warjiyo, Banyak Negara Harus Mengkalibrasi Ulang

- 21 Maret 2022, 20:00 WIB
Kuliah Umum G20 Bank Indonesia tentang Ekonomi Global. Perry Warjiyo, Banyak Negara Harus Mengkalibrasi Ulang
Kuliah Umum G20 Bank Indonesia tentang Ekonomi Global. Perry Warjiyo, Banyak Negara Harus Mengkalibrasi Ulang /Bank Indonesia

PORTAL PURWOKERTO – Kuliah Umum G20 Bank Indonesia yang bertajuk bertema Exit Strategy & Addressing Scarring Effect: Bangkit, Tumbuh dan Pulih Pascapandemi, disiarkan melalui Youtube Channel Bank Indonesia pada Senin, 21 Maret 2022.

Presidensi G20 mencanangkan 6 agenda prioritas di bidang keuangan yaitu exit strategy to support recovery, addressing scarring effect to secure future growth, payment system in digital era, sustainable finance, digital financial inclusion, dan internasional taxation.

Perry Warjiyo, Gubernur Bank Indonesia memaparkan tentang perkembangan ekonomi global dan tantangan penting yang harus diatasi.

Perkembangan ekonomi dunia pada tahun 2021, naik sebanyak 5,7% namun mayoritas berada di AS dan China.

Baca Juga: Tabel Pinjaman KUR BRI 2022, Berikut Cara dan Syarat Pengajuannya! Bisa Online Tanpa Pergi ke Bank?

Sedangkan perkiraan tahun ini, akan tumbuh 4,4% namun keseimbangan masih belum dapat tercapai. Hal ini disebabkan karena kemampuan pulih akibat pandemi Covid yang tidak seimbang antara negara maju dan negara berkembang.

Negara maju dapat lebih cepat pulih karena ekonomi yang lebih baik sehingga dapat melakukan vaksin secara cepat, memberikan stimulus fiskal dan moneter.

Sedangkan di negara berkembang kemampuan terbatas, sehingga kebijakan memberi vaksin dan langkah kesehatan terbatas juga.

“negara berkembang melakukan stimulus fiskal dan moneter terbatas, ditambah juga terbebani hutang,” tambah Perry.

Halaman:

Editor: Eviyanti

Sumber: Youtube Bank Indonesia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x