Jawaban Kapan Kartu Prakerja 2023 Dibuka? Skema Baru, Ada Pelatihan Offline dan Syarat Berubah, Cek di SINI!

- 11 Januari 2023, 15:17 WIB
Ilustrasi Prakerja 2023 yang akan dibuka pada triwulan pertama ini. Skema dan syarat berubah.*
Ilustrasi Prakerja 2023 yang akan dibuka pada triwulan pertama ini. Skema dan syarat berubah.* /Yumi Karasuma/Portal Purwokerto

PORTAL PURWOKERTO - Ini jawaban dari pertanyaan kapan Program Kartu Prakerja 2023 akan kembali dibuka pemerintah. Prakerja akan pada skema normal atau skema berubah.

Seperti apa skema normal atau skema baru Prakerja yang ditetapkan pemerintah pada pendaftaran Kartu Prakerja 2023 yang akan diberlakukan pada tahun ini. 

Tidak hanya skema yang berubah, syarat pendaftaran pun berubah. Siapa saja yang boleh mendaftar Karti Prakerja 2023 ini? Pastikan baca secara utuh artikel ini. 

Pemerintah melalui Kementrian Koordinator Bidang Ekonomi Airlangga Hartarto telah memberikan sinyal jadwal pendaftaran Prakerja 2023, yang akan dibuka mulai gelombang 48. 

Baca Juga: Gaskeun! Kartu Prakerja Buka Pendaftaran Calon Penerima Tahun 2023, Insentif Naik Kuota Terbatas Cuma Sejuta

Skema Normal Prakerja 2023

Skema normal atau skema baru yang diterapkan pada program Prakerja 2023 ini, adalah bukan lagi semi bansos, seperti yang diberlakukan pada masa pandemi Covid-19.

Pada skema baru ini, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto seperti dikutip dari laman Instagram prakerja.go.id pada 10 Januari 2023, menyampaikan jika Prakerja tahun ini akan menitikberatkan pada pelatihan. 

"Bantuan atau biayanya adalah Rp4,2 juta per orang, namun untuk biaya pelatihannya lebih tinggi, dibandingkan saat semi bansos biaya pelatihan lebih rendah dibandingkan bansos," ujar Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. 

Dari Rp4,2 juta yang akan diberikan kepada para peserta, untuk biaya pelatihan pada skema normal adalah sebesar Rp3,5 juta. Sedangkan biaya penggantian transportasi sebesar Rp600 ribu dibayarkan satu kali dan biaya survei sebesar Rp100 ribu untuk dua kali. 

Halaman:

Editor: Yumi Karasuma

Sumber: prakerja.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x