Cair! 5 Bansos Ini Dibagikan Awal Tahun 2024, Apa Saja? Ini Kisaran Uang yang Diterima

- 3 Januari 2024, 07:46 WIB
Ilustrasi. Cair! 5 Bansos Ini Dibagikan Awal Tahun 2024, Apa Saja? Ini Kisaran Uang Yang Diterima.*
Ilustrasi. Cair! 5 Bansos Ini Dibagikan Awal Tahun 2024, Apa Saja? Ini Kisaran Uang Yang Diterima.* /Pixabay/Iqbal Nuril Anwar.

 

PORTAL PURWOKERTO- Cair! 5 bantuan sosial (bansos) ini dibagikan awal tahun 2024. Apa saja? Berikut kisaran uang yang diterima masyarakat penerima bansos.

Tahun 2024 diawali dengan kabar gembira pencairan bansos bagi masyarakat kurang mampu dan tercatat dalam daftar penerima bansos dari pemerintah.

Sebanyak 5 bansos diperkirakan akan cair pada awal tahun 2024 ini. Berdasarkan Buku Himpunan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKAKL) Tahun 2024, anggaran dari Kemensos sebanyak Rp79,19 triliun akan disalurkan.

Anggaran tahun 2024 ini naik dari perkiraan sebelumnya yang memperkirakan sebesar Rp77,33 triliun. Bantuan sosial seperti PKH masih menjadi prioritas pemerintah. Hal ini sesuai dengan tujuan pemerintah yakni mengentaskan kemiskinan.

Baca Juga: Cek Daftar Bansos Cair 2024? Ada PKH hingga BPNT dan Berapa Besarannya

Namun yang perlu dicatat adalah tidak semua masyarakat Indonesia mendapat bansos dari pemerintah. Bansos ini ditujukan untuk masyarakat kurang mampu dan memenuhi syarat lainnya dari pemerintah.

Lantas, bansos apakah yang akan cair pada awal tahun 2024 ini? Berikut 5 bansos yang diperkirakan akan cair pada awal tahun 2024 lengkap dengan kisaran uang yang diterima:

1. PKH

Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) masih menjadi prioritas pemerintah. PKH akan dibagikan secara bertahap dalam kurun waktu satu tahun.

Untuk ibu hamil dan melahirkan serta balita usia 0-6 tahun akan diberikan bantuan Rp3 juta per tahun. Sedangkan untuk siswa SD, SMP, dan SMA menerima bantuan senilai Rp900 ribu hingga Rp2 juta per tahun sesuai jenjang pendidikannya.

Halaman:

Editor: Yumi Karasuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x