40 Ide Jualan Bulan Puasa, Pilih yang Mana?

- 29 Februari 2024, 16:21 WIB
40 Ide Jualan Bulan Puasa, Pilih yang Mana?
40 Ide Jualan Bulan Puasa, Pilih yang Mana? /Adismara Putri Pradiri/Unsplash

PORTAL PURWOKERTO - Ide jualan bulan puasa terutama saat berbuka puasa sangatlah banyak. Mulai dari minuman yang dingin dan menyegarkan hingga makanan takjil pembuka puasa dan juga yang mengenyangkan.

Simak satu persatu makanan dan minuman apa saja yang layak untuk dijual saat bulan puasa. Makanan dan minuman ini dapat dikonsumsi di tempat, ataupun dibawa pulang untuk berbuka puasa di rumah. 

Jangan lupa untuk menghitung biaya produksi dan juga biaya penjualan. Biasanya omzet penjualan di bulan Ramadhan dapat naik bahkan sampai 10 kali lipat daripada hari biasa. 

Yang perlu diperhatikan pula adalah kenaikan bahan pokok menjelang dan selama bulan puasa yang juga akan mempengaruhi harga produksi. Jangan sampai harga jual tidak menutup harga produksi.

40 Ide Jualan Bulan Puasa

1. Bakwan Sayur alias Bala-bala alias Ote-Ote alias Bikang Doang
Dari namanya, gorengan ini terbuat dari bahan dasar berupa sayur. Biasanya yang digunakan adalah wortel, kol, tauge yang dicampur dengan tepung terigu, air dan bumbu-bumbu. Bikang Doang makanan khas Makassar memadukan sayuran dengan udang.

Digoreng hingga keemasan dan garing, membuat gorengan satu ini cukup populer di masyarakat. Sensasi kriuknya ketika masih hangat sangat menggoda. Biasanya bakwan sayur dimakan menggunakan cabe rawit atau bumbu kacang.

2. Tahu Isi
Terbuat dari tahu cokelat ataupun tahu putih yang dibelah bagian tengahnya dan diberi isian berupa tumisan sayur. Isinya lagi-lagi adalah tumisan wortel, kol, dan tauge.

Setelah tahu diisi dengan sayur, tahu dicelup ke dalam adonan tepung terigu dan digoreng hingga keemasan dan garing. Sebagai variasi, bisa juga menambahkan cabai ke dalam tumisan sayur ataupun bubuk cabai pada terigu untuk mendapatkan tahu mercon.

Baca Juga: 25 Ide Jualan Takjil yang Laris di Bulan Puasa, Es Buko Pandan yang Seger, Jelly Ball, Hingga Kraca

Halaman:

Editor: Lasti Martina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x