Upaya Apa yang Harus Dilakukan untuk Menyelesaikan Permasalahan Sosial Budaya?

- 23 Maret 2024, 09:15 WIB
Ilustrasi: Upaya Apa yang Harus Dilakukan untuk Menyelesaikan Permasalahan Sosial Budaya?
Ilustrasi: Upaya Apa yang Harus Dilakukan untuk Menyelesaikan Permasalahan Sosial Budaya? /Herlambang Tinasih Gusti/Unsplash

PORTAL PURWOKERTO - Upaya apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan sosial budaya? Kunci jawaban PKN kelas 9 halaman 145 dan 146, soal esai uji kompetensi bab 5, semester 2.


Materi pembahasan berikut merupakan pedoman atau panduan jawaban bagi orang tua siswa dan siswi, yang juga diharapkan juga untuk mengeksplorasi lebih lanjut terkait materi pembelajaran. Ulasan berikut merupakan materi dari bab 5: Harmoni Keberagaman Masyarakat Indonesia, bukan jawaban mutlak.

Berikut contoh pembahasan kunci jawaban kelas 9  PKN, yang berkolaborasi dengan alumni UIN Yogyakarta, Muhammad Iqbal, S.Pd. PKN kelas 9 halaman 145 dan 146, kunci jawaban semester 2, meligkupi sub judul:

A. Makna Harmoni dalam Keberagaman Sosial Budaya, Ekonomi, dan Gender dalam Bhinneka Tunggal Ika
B. Permasalahan dan Akibat yang Muncul dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia
C. Upaya Penyelesaian Masalah dalam Keberagaman Masyarakat Indonesia.

Unsur Kebudayaan

Permasalahan sosial budaya pada masyarakat Indonesia sangat komplek.

Faktor penyebab munculnya permasalahan sosial budaya pada masyarakat Indonesia: faktor ekonomi, faktor budaya, faktor biologis, dan psikologis.

Baca Juga: Kunci Jawaban PKN Halaman 150 Kelas 9, Tugas Mandiri 6.1, Bangsa Indonesia di Zaman Penjajahan


Hal ini dapat mengacu pada pendapat dari C. Kluckhohn dalam bukunya “Universal Categories of Cultures”, bahwa adanya unsur-unsur kebudayaan secara universal, permasalahan itu terdapat pada semua unsur-unsur kebudayaan, yaitu:

- Unsur sistem agama, kepercayaan atau religi dan upacara keagamaan,
- Sistem masyarakat dan organisasi kemasyarakatan,
- Sistem pengetahuan,
- Bahasa,
- Sistem mata pencaharian,
- Sistem teknologi dan peralatan,
- Serta kesenian.

Selanjutnya, simak jawaban lengkap dari soal dalam buku paket PKN kelas 9 halaman 145 146:

Soal
Upaya apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan sosial budaya?

Jawaban:
Hal tersebut untuk menyelesaikan permasalahan sosial budaya, tentunya dimulai dengan menghargai dan menghormati sesama serta ikatan toleransi mampu menyatukan perbedaan kita baik itu dalam segi budaya, agama dan lain-lain.

Demikian kunci jawaban soal Upaya apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan sosial budaya? PKN kelas 9 halaman 145 dan 146, soal esai uji kompetensi bab 5, semester 2.  Semoga bermanfaat.***

Disclaimer: Jawaban ini merupakan contoh dan panduan bagi orangtua. Jawaban tidak mutlak kebenarannya. Siswa diharapkan bisa bereksplorasi dengan jawaban lain. Portal Purwokerto tidak bertanggungjawab atas kesalahan jawaban

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x