Waspada! NIK KTP Dipakai Orang Lain Untuk Pinjol, Ini Cara Cek NIK KTP Terdaftar Pinjol Atau Tidak

- 26 Mei 2024, 17:00 WIB
Ilustrasi NIK KTP bisa dipakai orang lain untuk melakukan pinjaman online, pinjol loh,  ini cara cek jika KTP NIK dipakai orang lain untuk pinjol, bahaya
Ilustrasi NIK KTP bisa dipakai orang lain untuk melakukan pinjaman online, pinjol loh, ini cara cek jika KTP NIK dipakai orang lain untuk pinjol, bahaya / pxabay/ Dean Moriarty

PORTAL PURWOKERTO - Waspada! NIK KTP dipakai orang lain untuk melakukan pinjaman online (pinjol)! Ini cara cek NIK KTP terdaftar pinjol atau tidak.

Beragam cara dilakukan orang untuk bisa mendapatkan uang. Salah satunya melalui pinjol. Bermodalkan NIK KTP dan foto selfie, masyarakat bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah.

Namun saat ini marak penyalahgunaan NIK KTP yang dipakai oleh orang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan uang dari pinjol.

Baca Juga: Masih Punya Hutang Pinjol, Bisakah Pinjam KUR BRI 2024 Rp50 Juta Tanpa Jaminan? Perhatikan Syarat Ketentuannya

Mereka mendaftarkan NIK KTP orang lain untuk mendaftar pinjol. Tentu saja cara ini tidak dibenarkan, mengingat data atau identitas diri merupakan hal yang sangat pribadi.

Bagaimanakah caranya mengecek apakah NIK KTP kita terdaftar dalam pinjol atau tidak?

Berikut cara mengetahui apakah NIK KTP terdaftar dalam pinjol atau tidak :

Melalui SLIK OJK

Pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan (OJK) senantiasa berkomitmen untuk memberantas pinjaman online illegal. Berbagai layanan diluncurkan OJK untuk melindungi masyarakat dari pinjol illegal.

Halaman:

Editor: Eviyanti

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah