Cara Mengecek PIP Madrasah 2024 Sudah Cair atau Belum? Login SIPMA Cair Rp1,8 Juta, Provinsi Ini Belum Cair

- 30 Mei 2024, 14:02 WIB
ILUSTRASI -Ini cara cek PIP Madrasah 2024 sudah cair atau belum.*
ILUSTRASI -Ini cara cek PIP Madrasah 2024 sudah cair atau belum.* /UNSPLASH/Glenn Carstens-Peters

  PORTAL PURWOKERTO - Bagaimana cara cek PIP Madrasah 2024 sudah cair atau belum? Bisa lewat HP tanpa unduh aplikasi.

Apakah PIP Kemenag 2024 untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) sudah cair? Ini cara mengecek pencairan PIP Kemenag untuk siswa MI. 

Mengantisipasi agar tidak ada siswa yang putus sekolah, pemerintah melalui Kementian Agama (Kemenag) memberikan bantuan kepada siswa madrasah melalui program PIP Kemenag. 

Bantuan langsung tunai PIP Kemenag 2024 ini diberikan pada siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) yang ada di 33 provinsi. 

Baca Juga: Kapan PIP Kemenag 2024 Cair? INI Daerah Madrasah yang Sudah Mulai Penyaluran MI, Mts dan MA

Pemerintah menganggarkan senilai Rp1,3 triliun pada program PIP Madrasah 2024. Dengan rincian anggaran untuk MI senilai Rp422 miliar, anggaran untuk MTs senilai Rp558 miliar dan anggaran untuk MA senilai Rp320 miliar.

PIP Kemenag 2024 ini diberikan kepada siswa madrasah yang keluarganya masuk DTKS Kemensos, atau KPM PKH dan atau penerima KKS. Siswa dari keluarga rentan, dibuktikan dengan kepemilikan SKTM, siswa atim/piatu/yatim piatu/anak berkebutuhan khusus, atau anak yang tinggal di panti asuhan dan rentan, dibuktikan dengan SKTM.

Selain itu siswa madrasah di daerah terdampak bencana alam, dan siswa madrasah yang berada di daerah tertingal, terdepan dan terluar (3T).

PIP Kemenag 2024 ini hanya digunakan untuk keperluan pendidikan, diantaranya membeli seragam, membeli buku, kitab, alat tulis, alat belajar, tas sekolah, biaya transportasi ke sekolah atau iaya tambahan pendidikan. 

Baca Juga: KLIK DISINI, Daftar Nama Siswa Penerima PIP Kemenag 2024, Kriteria Penerima PIP Madrasah 2024

Halaman:

Editor: Yumi Karasuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah