7 Bansos PPKM Darurat Jawa Bali, Ini Jumlah dan Cara Cek Jangan Sampai Salah cekbansos kemensos.go.id

- 10 Juli 2021, 09:02 WIB
Ilustrasi bansos PPKM Darurat Jawa Bali
Ilustrasi bansos PPKM Darurat Jawa Bali /Ekoanug/Pixabay/


PORTAL PURWOKERTO - 7 Bansos PPKM Darurat Jawa Bali dapat dimiliki seluruh warga Indonesia dengan berbagai persyaratan, ini cara cek cekbansos kemensos.go.id dan bantuan lainnya.

Bansos PPKM darurat Jawa Bali ini memang merupakan bansos PPKM darurat 2021 yang sangat diperlukan akibat penutupan sejumlah akses transportasi dan berkurangnya kemampuan masyarakat untuk mendapatkan penghasilan.

Bansos PPKM darurat Jawa Bali bahkan mulai dari Diskon Tarif Listrik, Kartu Sembako, Bansos Tunai, PKH, Kartu Prakerja, BLT UMKM dan BLT Desa.

Jangan sampai ketinggalan, semua bansos PPKM darurat 2021 ini disalurkan mulai Juli 2021.

Baca Juga: Link Bansos Dana PPKM Online, Login di Cekbansos.kemensos.go.id, Benarkah Cair pada Juli Minggu Kedua?


1.Diskon Tarif Listrik
Diberikan kepada pelanggan PLN periode Juli-September bagi pelanggan daya 450 VA sebesar 50 persen dan pelanggan daya 900 VA rumah tangga bersubsidi sebesar 25 persen.

Diskon diberikan langsung oleh pemerintah dengan cara mengurangi tagihan rekening listrik pelanggan pascabayar dan memberikan diskon pembelian token listrik bagi pelanggan prabayar.

Bagi pelanggan bisnis, sosial dan industri akan mendapatkan pembebasan biaya beban abodemen sebesar 50 persen dan tidak lagi wajib memenuhi ketentuan pembayaran minum.

Ingat, tidak perlu lagi mengakses web pln.go.id atau mendaftar melalui WhatsApp.

2.Kartu Sembako
Penerima kartu sembako akan mendapatkan bansos sebesar Rp200.000 per bulan yang dapat ditebus di e-warong (Elektronik Warung Gotong Royong) terdekat.

Baca Juga: Bantuan PPKM Online Terbukti Bukan Hoax, Buka cekbansos.kemensos.go.id untuk Dapatkan Bansos Rp600 Ribu

Cara mendapatkan, calon peserta wajib mendaftar sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan mengisi data Kartu Keluarga (KK), KTP, NIK dan Kode Unik Keluarga/Individu dalam Data Terpadu

Setelah dilakukan verifikasi pendaftaran, penerima bantuan sosial akan dibukakan rekening di bank dan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Penerima kartu dapat membelanjakan dengan membeli berbagai komoditas bahan pangan di e-warong.

3.Bansos Tunai
Penerima Bansos tunai pada bulan Juli akan menerima sebesar Rp600.000 yang merupakan kumulatif dari bansos tunai Mei dan Juni.

Cek apakah anda penerima bansos tunai melalui cekbansos.kemensos.go.id dan bukan di laman lain seperti https://subsidippkm.online/pembagian-subsidi/?PPKMjuli

Dalam laman resmi cekbansos.kemensos.go.id  anda harus mengisi data nama provinsi, kabupaten, kecamatan, kelurahan, dan desa.

Kemudian isi nama penerima bansos sesuai dengan kartu tanda penduduk atau KTP.

Baca Juga: Apakah Ada Bantuan PPKM Online? Cek Nama Penerima Bansos 2021 di Cekbansos.kemensos.go.id atau Klik di Sini

Terakhir, masukkan  dua HURUF KODE sesuai 8 huruf yang keluar. Ingat, tetap memasukkan spasi usai menulis 4 huruf pertama.

Klik CARI DATA dan data penerima bansos akan tertera. Jangan lupa bantuan beras sebesar 10 kg juga akan disalurkan kepada penerima BLT.

4.PKH
PKH alias program keluarga harapan diberikan maksimal untuk 4 jiwa dalam satu rumah tangga. Dengan bantuan reguler sebesar Rp550.000 dan Rp1 juta yang diberikan per tahun.

Selain itu ada bantuan bagi anak usia dini sebesar Rp2,4 juga, siswa SD sebesar Rp900 ribu, siswa SMP sebesar Rp1,5 juta dan siswa SMA sebesar Rp2 juta.

Bagi ibu hamil juga dapat menerima bantuan Rp2,4 juta, memiliki anggota keluarga penyandang disabilitas berat menerima Rp2,4 juta dan lanjut usia Rp2,4 juta.

Bantuan ini dibagi kepada 10 juta penerima. Beras sebanyak 10 kg juga akan diberikan sebagai bentuk bantuan tambahan di masa bansos PPKM darurat 2021.

Baca Juga: Cara Cek Bantuan PPKM, Ada Bansos Cek Hanya di cekbansos.kemensos.go.id Rp 300 Ribu, Ada Namamu?

5.Kartu Prakerja
Penerima Kartu Prakerja akan mendapatkan bantuan sebesar Rp1 juta dan Rp600 ribu per bulan selama 4 bulan.

Penerima kartu Prakerja juga bila mengisi survei akan mendapat tambahan Rp150 ribu yang ditargetkan sebanyak 3 kali survei.

6.BLT UMKM
Bantuan ini rencananya akan digelontorkan sebesar Rp1,2 juta pada bulan Juli 2021. Untuk pengecekan, klik link https://eform.bri.co.id/bpum dan masukkan NIK atau Nomor Induk Kependudukan yang tertera di bagian atas KTP.

Atau anda juga dapat mengecek melalui https://banpresbpum.id.

7.BLT Desa
Keluarga miskin dan tidak mampu yang terdaftar di desa lokasi domisili berhak mendapatkan BLT desa selama bansos PPKM darurat 2021 sebesar Rp300 ribu per keluarga per bulan.

Baca Juga: Bansos PPKM Darurat 2021 Rp600 Ribu, Cek Penerima BST di Bansos.kemensos.go.id Pakai NIK KTP Sendiri

Sayangnya, sampai Jumat 9 Juli 2021 beberapa bantuan yang dijanjikan pemerintah untuk cair untuk bansos PPKM darurat Jawa Bali belum juga turun. Bansos PPKM darurat 2021 ini sangat ditunggu oleh masyarakat karena adanya PPKM menghentikan laju gerak ekonomi masyarakat.*

Editor: Eviyanti

Sumber: Kemensos RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x