Butuh Modal Usaha? Simak Syarat dan Jenis KUR BRI yang Bisa Jadi Alternatif Modal Usaha Anda

- 10 Desember 2021, 13:48 WIB
IButuh Modal Usaha? Simak Syarat dan Jenis KUR BRI yang Bisa Jadi Alternatif Modal Usaha Anda
IButuh Modal Usaha? Simak Syarat dan Jenis KUR BRI yang Bisa Jadi Alternatif Modal Usaha Anda /Pixabay

 

PORTAL PURWOKERTO – Bagi Anda yang membutuhkan modal usaha, berikut syarat pengajuan beserta jenis-jenis kur yang ditawarkan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia atau BRI.

Bagi pelaku UMKM mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah KUR BRI, apalagi yang merupakan nasabah BRI.

BRI merupakan salah satu bank milik pemerintah yang juga menjadi agen penyalur dari program KUR atau Kredit Usaha Rakyat.

KUR atau Kredit Usaha Rakyat merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan dan memperluas akses pembiayaan kepada usaha produktif, meningkatkan kapasitas daya saing usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM); dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Baca Juga: Masih Ada Kesempatan, Segera Ajukan KUR BRI Rp100 Juta Dengan Bunga 3 Persen

KUR menjadi program prioritas pemerintah dalam mendukung jalannya UMKM dengan memberikan pemberian kredit atau pembiayaan modal kerja dan atau investasi kepada debitur.

Investasi ini bisa diberikan pada debitur yang bersifat individu atau perseorangan, badan usaha, dan atau kelompok usaha yang produktif dan layak. Namun belum memiliki agunan tambahan atau agunan tambahan belum cukup.

Berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2017 tentang Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat, yang dapat menjadi penerima KUR adalah UMKM, calon tenaga kerja indonesia yang akan bekerja di luar negeri, dan calon pekerja magang di luar negeri.

Selain itu, anggota keluarga dari karyawan/karyawati yang berpenghasilan tetap atau bekerja sebagai tenaga kerja indonesia, tenaga kerja indonesia yang purna bekerja di luar negeri juga dapat mengajukan KUR.

Halaman:

Editor: Yumi Karasuma

Sumber: kur.bri.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah