Benarkah Bunga KUR Bagi Pelaku Usaha Mikro jadi Nol Persen? Yuk Simak Syarat KUR BRI 2023 di Cilacap

- 21 Februari 2023, 13:44 WIB
Kantor Unit BRI Unsoed Purwokerto. Kapan pendaftaran KUR BRI 2023 dibuka?
Kantor Unit BRI Unsoed Purwokerto. Kapan pendaftaran KUR BRI 2023 dibuka? /Yumi Karasuma/Portal Purwokerto

PORTAL PURWOKERTO - Benarkah bunga pinjaman bagi pelaku usaha mikro kecil pada tahun ini menjadi nol persen? Simak persyaratan pinjaman KUR BRI 2023 di Cilacap, yang perlu disiapkan sebelum dibuka. 

Mentri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir tengah mendorong pendanaan murah bagi pelaku usaha mikro, dengan mengusulkan adanya bunga nol persen untuk pinjaman UKM kepada Bank Indonesia. 

Usulan yang sudah mendapat persetujuan dari Presiden Jokowi ini. Dikutip dari Antara, usulan ini dilakukan karena selama ini pelaku UMKm memiliki andil besar dalam menopang perekonomian nasional. 

Hal ini dilakukan untuk meningkatkan target pembiayaan UMKM menjadi 30 persen. Di mana saat ini lembaga pembiayaan dan perbankan memberikan porsi 21 persen bagi pelaku UMKM.

Baca Juga: KUR BSI 2023 Dibuka! Intip Syarat dan Cara Dapatkan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan dan Bunga 0 Persen

Pembiayaan kredit atau pinjaman bagi UMKM bisa didapatkan pada KUR BRI, yang merupakan satu program pembiayaan dari Bank milik pemerintah, yakni Bank BRI. Pinjaman ini diberikan untuk membantu pelaku usaha UMKM dalam hal permodalan.

Melalui Kredit Usaha Rakyat termasuk KUR BRI ini diharapkan para pelaku usaha bisa terus mengembangkan usahanya, sehingga secara otomatis bisa meningkatkan perekonomian. 

Untuk diketahui jika KUR BRI ini memiliki tiga program Kredit Usaha Rakyat, yakni KUR Mikro, Kur Kecil dan KUR TKI. Masing-maisng program ini diberikan kepada pelaku usaha maupun masyarakat yang membutuhkan permodalan. 

Bunga pinjaman yang rendah serta tidak adanya jaminan atau tanpa agunan membuat KUR BRI ini menjadi salah satu alternatif, untuk menambah permodalan. Bagi pelaku usaha yang mencari pinjaman tanpa jaminan bisa memilih program KUR Mikro BRI.

Halaman:

Editor: Yumi Karasuma

Sumber: ANTARA bri.co.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x