BPNT 2023 Berupa Uang Atau Sembako? Sejumlah Warga Sudah Terima BPNT April Sebelum Lebaran 2023

- 16 April 2023, 12:55 WIB
BPNT 2023 Berupa Uang Atau Sembako? Sejumlah Warga Sudah Terima BPNT April Sebelum Lebaran 2023
BPNT 2023 Berupa Uang Atau Sembako? Sejumlah Warga Sudah Terima BPNT April Sebelum Lebaran 2023 /pexels/pixabay/

PORTALPURWOKERTO - BPNT 2023 berupa uang atau sembako? Beberapa warga Purwokerto Kulon telah menerima bantuan BPNT pada bulan April 2023 ini. Sejumlah warga mengatakan bantuan BPNT 2023 yang diberikan jelang lebaran ini berupa beras.

Sebagai informasi, bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) adalah program pemerintah Indonesia yang bertujuan untuk memberikan bantuan pangan kepada keluarga miskin dan rentan secara terpadu.

Program BPNT menggantikan program sebelumnya yang dikenal dengan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Raskin (beras miskin).

Melalui program BPNT, penerima manfaat mendapatkan kartu elektronik yang dapat digunakan untuk membeli bahan pangan di warung-warung atau toko-toko yang telah bekerja sama dengan pemerintah.

Baca Juga: BPUM PNM Mekar Masih Dicari Saat Ramadhan 2023, Cek Info Terbaru BLT UMKM, Cara Dapat Bantuan Pemerintah

Tujuan program BPNT adalah untuk meningkatkan akses keluarga miskin dan rentan terhadap bahan pangan yang berkualitas dan bergizi.

Jumlah bantuan BPNT yang diterima oleh setiap keluarga penerima manfaat (KPM) bervariasi tergantung pada lokasi dan kondisi ekonomi setiap daerah di Indonesia.

Namun, pada umumnya, setiap KPM akan menerima bantuan berupa nilai uang atau kartu elektronik dengan nominal tertentu yang dapat digunakan untuk membeli bahan pangan di toko atau warung yang telah bekerja sama dengan pemerintah.

Nilai nominal bantuan tersebut ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan analisis kebutuhan makanan harian untuk setiap anggota keluarga dan harga pangan di daerah setempat.

Halaman:

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah