Bukan HOAX! TikTok Shop Indonesia Tutup Tidak Tersedia 4 Oktober 2023 Pukul 17.00, Masih Bisa Belanja LIVE?

- 3 Oktober 2023, 20:26 WIB
Bukan HOAX! TikTok Shop Indonesia Tutup Tidak Tersedia 4 Oktober 2023 Pukul 17.00, Masih Bisa Belanja LIVE?
Bukan HOAX! TikTok Shop Indonesia Tutup Tidak Tersedia 4 Oktober 2023 Pukul 17.00, Masih Bisa Belanja LIVE? /Portal Purwokerto/TikTok

PORTAL PURWOKERTO - Bukan hoax. TikTok Shop Indonesia resmi tutup atau tidak tersedia mulai Rabu, 4 Oktober 2023 pukul 17.00. Apakah masih bisa belanja live? Berikut penjelasan resmi dari TikTok. 

TikTok Indonesia mematuhi peraturan terbaru yang telah ditandatangani dan ditetapkan oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hassan pada 25 September 2023 lalu. Peraturan terbaru ini tentang pelarangan jual beli di paltform sosial commerce.

TikTok Shop Indonesia resmi tutup menindaklanjuti Permendag Nomor 31 Tahun 2023 tentang Ketentuan Perizinan Usaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik. Meski demikian, pada 3 Oktober 2023 sekitar pukul 20.18 WIB masih banyak seller yang melakukan live jual beli.

Kegiatan live  TikTok Shop merupakan transaksi jual beli dimana seller dalam platform media sosial ini menawarkan barang dagangan dan memberikan promosi kepada konsumen. Live TikTok Shop cukup banyak diminati bahkan ada yang livenya sampai ribuan. 

Baca Juga: Apakah Benar TikTok Shop akan Ditutup? Kapan TikTok Shop Resmi Ditutup? Besok TikTok Shop Ditutup, Jam Berapa?

Informasi penutupan TikTok Shop telah resmi diumumkan apabila Anda membuka Shop-Bantuan maka akan muncul pengumuman dari TikTok:

"TikTok Shop Indonesia tidak tersedia mulai 4 Oktober 2023," demikian yang tertulis dalam pengumuman media sosial ini.

"Menanggapi revisi peraturan pemerintah, kami mengambil keputusan untuk menonaktifkan fitur transaksi kami di TikTok Shop  Indonesia," lanjut pernyataan TikTok dalam kolom Bantuan.

Namun, konsumen TikTok Shop masih bisa melakukan belanja secara live hingga tanggal tersebut. Akses konsumen ke riwayat pesanan. 

Halaman:

Editor: Galih Prabashinta P.P.


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah