Pekerja Kena PHK Bisa Daftar Kartu Prakerja 2024! Cek Cara Daftarnya, Dapat Insentif Sampai 4,2 Juta

- 7 Januari 2024, 22:01 WIB
Pekerja Kena PHK Bisa Daftar Kartu Prakerja 2024! Cek Cara Daftarnya, Dapat Insentif Sampai 4,2 Juta
Pekerja Kena PHK Bisa Daftar Kartu Prakerja 2024! Cek Cara Daftarnya, Dapat Insentif Sampai 4,2 Juta /Portal Purwokerto/Yumi Karasuma/Portal Purwokerto


PORTAL PURWOKERTO – Pendaftaran Kartu Prakerja 2024 telah dibuka, pekerja yang terkena PHK bisa daftar gelombang terbaru di awal Januari ini. Cek cara daftar dan informasi total insntif senilai Rp4,2 juta.

Program Kartu Prakerja 2024 memang telah dinanti banyak orang terutama para pencari kerja untuk bisa meningkatkan skill dan kapasitas melalui pelatihan yang disediakan.

Pengembangan kompetensi peserta yang lolos di program Kartu Prakerja 2024 emang menjadi tujuan Pemerintah agar siap untuk terjun ke dunia kerja sesungguhnya.

Kabar baiknya, tak hanya pencari kerja yang bisa mendaftar Kartu Prakerja 2024 gelombang terbaru, namun juga pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK.

Pekerja Kena PHK Bisa Daftar

Memang tak semua masyarakat Indonesia bisa mendaftar program Kartu Prakerja 2024 dari Kemnaker karena terdapat beberapa syarat calon peserta yang harus dipenuhi.

Salah satu syarat poin pertama Kartu Prakerja 2024 yang wajib dipenuhi ialah calon peserta merupakan seorang WNI dan berusia 18 hingga 64 tahun.

Diwajibkan pula calon peserta tidak sedang menempuh pendidikan formal. Pelaku UMKM hingga pencari kerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja juga mendaftar Kartu Prakerja 2024.

Baca Juga: 7 Tahapan Kartu Prakerja 2024, Cara Daftarnya Mudah Bisa Lewat HP dan Dapat Insentif Sampai Rp4,2 Juta

Kartu Prakerja 2024 tidak memperbolehkan seorang Aparatur Sipil Negara (ASN), serta kesatuan personel Polri ataupun perangkat desa untuk mendaftar.

Cara Daftar Mudah

Jika Anda berminat, cara daftar Kartu Prakerja 2024 pun mudah dilakukan. Cukup dengan mengakses laman resmi prakerja.go.id dan membuat akun Prakerja.

Anda wajib memakai email aktif dan membuat password yang mudah diingat serta melakukan verifikasi menggunakna KTP, KK, serta tanggal lahir dan isi data diri.

Jangan lupa untuk mengunggah foto e-KTP dan lakukan scan wajah. Serta wajib menjawab pertanyan terkait alasan mendaftar Kartu Prakerja dan pelatihan yang diminati dengan keterampilan yang Anda miliki.

Terakhir, lakukan verifikasi nomor HP yang aktif dan isi pernyataan pendaftar, serta ikuti Tes Kemampuan Dasar (TKD).

Insentif Sampai Rp4,2 Juta

Sederet manfaat bisa Anda rasakan jika dinyatakan sebagai peserta yang lolos seleksi Kartu Prakerja 2024. Diprediksi total insentif dari Kemnaker yang akan diberikan yaitu senilai Rp4,2 juta berdasarkan tahun 2023.

Jumlah Rp4,2 juta tersebut terbagi menjadi beasiswa Kartu Prakerja 2024 atau biaya pelatihan senilai Rp3,5 juta dan insentif dana pasca pelatihan senilai Rp600 ribu.

Peserta lolos seleksi Kartu Prakerja 2024 juga akan mendapatkan insentif survey Rp100 ribu untuk 2 kali pengisian survey.

Jadi apakah Anda berminat ikut program Kartu Prakerja 2024? Itulah informasi terkait pekerja kena PHK yang bisa mendaftar serta perincian insentif dan cara daftarnya yang mudah.***

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah