PKH Balita Dapat Berapa? Informasi PKH Bulan April 2024 dan Jadwal Pencairan, Cek Apakah Anda Menerimanya

- 8 April 2024, 17:59 WIB
PKH Balita Dapat Berapa? Informasi PKH Bulan April 2024 dan Jadwal Pencairan, Cek Apakah Anda Menerimanya
PKH Balita Dapat Berapa? Informasi PKH Bulan April 2024 dan Jadwal Pencairan, Cek Apakah Anda Menerimanya /pexels/pixabay/

PORTAL PURWOKERTO - Berapa jumlah bantuan PKH Balita? PKH (Program Keluarga Harapan) merupakan salah satu program bantuan pemerintah untuk masyarakat yang membutuhkan. Salah satu syarat penerima yakni nama tercantum pada sistim DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial).

Meski begitu, tidak semua nama yang tercantum pada DTKS bisa mendapatkan bantuan sosial. Adapun salah satu jenis bantuan yang akan diberikan adalah PKH Balita dan diketahui sudah diterima oleh masyarakat di beberapa wilayah.

Adapun bagi yang ingin mendaftarkan diri sebagai penerima PKH Balita adalah dengan mengajukan diri. Salah satu caranya adalah mendatangi pemerintah daerah setempat dan membawa identitas diri, dilengkapi dengan surat keterangan tidak mampu.

Tak hanya itu, masyarakat yang ingin mengajukan diri juga dapat membuka laman aplikasi Cekbansos Kemensos dan mengajukan diri.

Baca Juga: KPM PKH Plus BPNT 2024 Tahap 2 Lewat Pos Makin Gusar! Bansos Tak Cair Sebelum Lebaran 2024? Tanggal Berapa?

Jumlah PKH Balita April 2024

Jumlah bantuan PKH Balita diketahui Rp750 ribu setiap disalurkan. Dalam satu tahun, bantuan PKH Balita diberikan senilai Rp3 juta. Bantuan PKH Balita ini akan diberikan empat kali dalam satu tahunnya.

Bagi yang ingin mendapatkan bantuan PKH Balita, maka pastikan keluarga penerima manfaat memiliki kriteria yang ditetapkan, yakni nama telah terdata di DTKS dan ada balita dalam satu Kartu Keluarga tersebut.

Bulan April 2024, sejumlah bantuan PKH mulai cair, salah satunya adalah PKH komponen SMP. Adapun jumlah PKH komponen SMP diberikan kepada keluarga penerima manfaat yang memiliki putra maupun putri dan masih bersekolah.

"Saya di wilayah Lampung Selatan, bantuan PKH sudah cair, bareng sama penerima BPNT," ujar Siti, salah satu warga Lampung Selatan.

Halaman:

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x