Loh KPM BPNT PKH 2024 Bisa Dicoret? Bantuan Bisa Hangus dari KKS BRI Mandiri Jika Penerima Lakukan Hal Ini

- 22 April 2024, 13:00 WIB
Loh KPM BPNT PKH 2024 Bisa Dicoret? Bantuan Bisa Hangus dari KKS BRI Mandiri Jika Penerima Lakukan Hal Ini
Loh KPM BPNT PKH 2024 Bisa Dicoret? Bantuan Bisa Hangus dari KKS BRI Mandiri Jika Penerima Lakukan Hal Ini /Portal Purwokerto/TikTok Wigazo

PORTAL PURWOKERTO - Loh KPM BPNT PKH 2024 bisa dicoret? Bantuan bisa hangus dari KKS BRI Mandiri jika penerima melakukan hal ini.

Penerima bansos adalah masyarakat yang masuk kategori miskin dan terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial. Apabila KPM melalukan hal ini, maka namanya bisa terhapus dari DTKS.

Nama yang terhapus dari DTKS, tidak bisa mendapatkan jatah penyaluran bansos baik BPNT dan PKH untuk periode selanjutnya, apa yang menyebabkan nama seorang penerima dicoret?

Seperti yang diketahui, penyaluran kedua bantuan tersebut dilakukan melalui Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS) dan PT Pos Indonesia. KKS disalurkan ke rekening BRI dan Bank Mandiri.

Baca Juga: Mantap! Orang Ini Terima Bansos Rp 3.000.000 dalam Sekali Pencairan, Ini Lho Komponen yang Diterima BLT 2024

Saat masa pencairan bansos, KPM bisa melakukan cek berkala dengan memasukkan KKS Merah Putih tersebut ke mesin ATM, setelah saldo masuk maka sebaiknya langsung ditarik.

Jika KPM menunda penarikan sementara saldo sudah masuk, maka untuk jatah selanjutnya bisa hangus karena nama penerima dicoret.

Pencoretan ini dilakukan Kemensos karena menganggap KPM sudah mampu sehingga tidak mencairkan bantuan yang masuk ke KKS Merah Putih bank himbara.

Jangan lakukan hal tersebut jika penerima masih masuk dalam kategori kurang mampu, namun jika sudah merasa ekonomi membaik dan bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari bisa mengundurkan diri sebagai penerima bansos.

Halaman:

Editor: Galih Prabashinta P.P.


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x