Cek Pencarian PIP Madrasah Kemenag 2024 MI yang Belum Cair? Siapkan NISN dan Lokasi Madrasah Klik SIPMA Login

- 29 Mei 2024, 15:30 WIB
Cek daerah yang sudah disalurkan progra PIP Madrasah Ibtidaiyah Kemenag 2024 hingga saat ini.*
Cek daerah yang sudah disalurkan progra PIP Madrasah Ibtidaiyah Kemenag 2024 hingga saat ini.* /laman pipmadrasah.kemenag.go.id

PORTAL PURWOKERTO - Apakah PIP Kemenag 2024 untuk siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) sudah cair? Ini cara mengecek pencairan PIP Kemenag untuk siswa MI. 

Mengantisipasi agar tidak ada siswa yang putus sekolah, pemerintah melalui Kementian Agama (Kemenag) memberikan bantuan kepada siswa madrasah melalui program PIP Kemenag. 

Bantuan langsung tunai PIP Kemenag 2024 ini diberikan pada siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) yang ada di 33 provinsi. 

Pemerintah menyiapkan sebesar Rp1,3 triliun untuk program PIP Madrasah 2024 ini. Dengan rincian Rp422 miliar untuk MI, Rp558 miliar untuk MTs dan Rp320 miliar untuk MA.

Baca Juga: Kapan PIP Kemenag 2024 Cair? INI Daerah Madrasah yang Sudah Mulai Penyaluran MI, Mts dan MA

PIP Kemenag 2024 ini diberikan kepada siswa madrasah yang memiliki beberapa kriteria. Pertama siswa MI, MTS dan MA yang keluarganya masuk DTKS Kemensos, atau KPM PKH dan atau penerima KKS.

Kedua yakni siswa madrasah yang berasal dari keluarga rentan, dibuktikan dengan kepemilikan SKTM, ketiga siswa madrasah yang berstatus yatim/piatu/yatim piatu/anak berkebutuhan khusus, tau anak yang tinggal di panti asuhan dan rentan, dibuktikan dengan SKTM.

Selanjutnya siswa madrasah di daerah terdampak bencana alam, dan siswa madrasah yang berada di daerah tertingal, terdepan dan terluar (3T).

Bantuan PIP Kemenag ini digunaka untuk keperluan pendidikan, baik untuk seragam, membeli buku, kitab, alat tulis, alat belajar, tas sekolah, transportasi ke sekplah dan lainnya. Dengan adanya bantuan PIP Kemenag 2024 ini, maka diharapkan para siswa rentan ini masih bisa mengakses pendidikan. 

Halaman:

Editor: Yumi Karasuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah