Apa Itu Rupiah Digital dan Bagaimana Cara Pemakaiannya? Simak Penjelasannya Berikut Ini

- 21 Februari 2023, 14:56 WIB
Ilustrasi online. Apa Itu Rupiah Digital dan Bagaimana Cara Pemakaian.*
Ilustrasi online. Apa Itu Rupiah Digital dan Bagaimana Cara Pemakaian.* /PORTAL PURWOKERTO /Pixabay/FancyCrave1

PORTAL PURWOKERTO- Apa itu Rupiah Digital dan bagaimana cara pakai uang ini? Rupiah Digital mungkin masih asing di telinga masyarakat Indonesia, atau bahkan ada yang belum mengetahuinya sama sekali. Untuk itulah kami akan memberikan informasi perihal Rupiah Digital. Pengertian dan cara pemakaian Rupiah Digital akan dijelaskan di bawah ini.

Rupiah Digital ini digadang gadang akan menjadi uang masa depan kita. Saat ini Bank Indonesia (BI) dan beberapa bank sentral di dunia tengah mengkaji untuk mengembangkan Rupiah Digital atau Central Bank Digital Currency (CBDC) sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia.

Pengertian Rupiah Digital

Rupiah Digital adalah uang rupiah yang memiliki format digital dan digunakan sebagai alat pembayaran yang sah. Rupiah Digital merupakan alternatif alat pembayaran yang sah selain uang kertas dan logam, serta kartu debit atau kredit.

Rupiah Digital tidak termasuk dalam aset kripto atau stablecoins. Dalam penerbitannya, hanya Bank Indonesia lah yang menerbitkannya selaku Bank Sentral Negara Republik Indonesia.

Baca Juga: Bank Indonesia Siap Luncurkan Rupiah Digital, Apakah Uang Kertas dan Logam Masih Berlaku? Ini Penjelasan BI

Dalam fungsinya, Digital Rupiah sama dengan alat pembayaran yang lain. Bedanya adalah dalam bentuknya, uang kertas dan logam dalam bentuk fisik, sedangkan Rupiah Digital dalam bentuk yang digital.

Di dalam Rupiah Digital terdapat fitur yang dilengkapi dan dienkripsi dalam bentuk koding koding khusus yang hanya diketahui oleh tim khusus Bank Indonesia.

Nantinya jika sudah diluncurkan, Rupiah Digital akan didistribusikan Bank Indonesia kepada bank atau non bank yang telah ditunjuk dan kemudian disalurkan ke retailer yang sudah mendapat izin sebelum didistribusikan kepada masyarakat luas.

Cara Pakai Uang Rupiah Digital

Halaman:

Editor: Hening Prihatini


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x