Meme Anjing Doge Meninggal, Elon Musk Pajang Foto Harambe dan Kabosu, Kisah Pilu Harambe sang Meme Gorilla

- 25 Mei 2024, 21:05 WIB
Meme Anjing Doge Meninggal, Elon Musk Pajang Foto Harambe dan Kabosu, Kisah Pilu Harambe sang Meme Gorilla
Meme Anjing Doge Meninggal, Elon Musk Pajang Foto Harambe dan Kabosu, Kisah Pilu Harambe sang Meme Gorilla /unggahan Elon Musk di Twitter @elonmusk/

PORTAL PURWOKERTO - Tak lama usai pengumuman meme anjing doge meninggal, Elon Musk turut mengunggah foto Kabosu dan Harambe di laman Twitternya, @elonmusk pada Jumat 25 Mei 2024. Dalam unggahannya, ia mengucap "OG Doge telah naik ke surga untuk bertemu temannya, Harambe."

Unggahan Elon Musk mendapatkan puluhan ribu retweet dan telah dilihat lebih dari 82 juta orang di X. Bagi yang belum tahu bagaimana kisah Harambe, simak artikel ini hingga selesai.

Siapa Harambe?

Harambe adalah seekor gorila yang tinggal di Cincinnati Zoo. Pada tanggal 28 Mei 2016, seorang bocah laki-laki berusia tiga tahun yang mengunjungi kebun binatang memanjat pagar dan masuk ke dalam kandang gorila di luar ruangan, di mana dia dengan kasar dipegang dan ditarik oleh Harambe.

Karena khawatir akan nyawa anak laki-laki tersebut, seorang pekerja kebun binatang menembak dan membunuh Harambe. Insiden ini direkam dalam video dan mendapat liputan internasional yang luas, termasuk kontroversi tentang penggunaan kekuatan mematikan. Beberapa primatolog dan konservasionis kemudian menyatakan bahwa kebun binatang tidak memiliki pilihan lain dalam keadaan tersebut, dan insiden ini menyoroti bahaya hewan kebun binatang yang berdekatan dengan manusia dan kebutuhan akan standar perawatan yang lebih baik.

Harambe lahir di Gladys Porter Zoo di Brownsville, Texas, pada 27 Mei 1999. Dia diberi nama oleh Dan Van Coppenolle, seorang penasihat setempat yang memenangkan kontes penamaan yang disponsori oleh kebun binatang. Nama Harambe terinspirasi dari lagu "Harambe (Working Together for Freedom)" yang dinyanyikan oleh Rita Marley, janda dari Bob Marley. "Harambee" adalah istilah Swahili untuk kerja bersama.

Baca Juga: Dunia Internet Berduka, Dulu NFT Doge Sempet Melesat Sampai Rp64 Miliar, Kini Anjing Meme Doge Telah Tiada

Pada 18 September 2014, Harambe dipindahkan ke Cincinnati Zoo and Botanical Garden untuk mempelajari perilaku gorila dewasa dan bergabung dengan kelompok sosial yang baru.

Pada 28 Mei 2016, seorang bocah laki-laki berusia tiga tahun yang mengunjungi Cincinnati Zoo jatuh ke dalam parit di habitat Gorilla World. Saksi mata mengatakan bahwa anak laki-laki tersebut mengatakan ingin masuk ke dalam kandang gorila. Anak laki-laki itu kemudian memanjat pagar setinggi 3 kaki (0,9 m), merangkak melalui semak-semak sejauh 4 kaki (1,2 m), dan jatuh ke dalam parit berisi air dangkal. Petugas kebun binatang segera memberi isyarat agar tiga gorila di habitat kembali masuk, dan dua betina melakukannya.

Namun, gorila jantan silverback berbobot 440 pon (200 kg) yang penuh rasa ingin tahu, Harambe, turun ke dalam parit untuk menyelidiki anak laki-laki yang bermain-main di air. Selama 10 menit berikutnya, Harambe semakin "gelisah dan bingung" oleh teriakan para penonton. Dia membawa anak laki-laki itu melalui air, kadang-kadang menopangnya saat duduk, atau mendorongnya saat berdiri. Harambe menunjukkan perilaku "berjalan-jalan" dengan kaki dan tangan yang kaku untuk terlihat lebih besar—sebuah gerakan mengancam, meskipun berbahaya jika dia melempar atau menyeret anak laki-laki tersebut terlalu kasar.

Harambe menjadi subjek meme internet, lagu, permainan video, patung, dan penghormatan lainnya. Kematian Harambe memicu perdebatan sengit tentang etika memelihara hewan di penangkaran dan tanggung jawab kebun binatang untuk memastikan keselamatan mereka.***

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah