Inflasi Kota Purwokerto Bulan Mei 2021 Naik Gegara Harga Baju dan Sandal

- 4 Juni 2021, 14:46 WIB
 Ilustrasi orang berbaju warna merah.
Ilustrasi orang berbaju warna merah. //Brooke Cagle//Unsplash

PORTAL PURWOKERTO - Inflasi kota Purwokerto naik pada bulan Mei 2021 yakni sebesar 0,19 persen, lebih tinggi dari bulan sebelumnya.

Secara tahunan inflasi kota Purwokerto tercatat 1,62 persen dan masih berada di rentang target inflasi.

Secara umum, inflasi Purwokerto di bulan Mei 2021 utamanya didorong oleh peningkatan harga pada kelompok komoditas transportasi dan sejumlah komoditas pada kelompok makanan, minuman dan tembakau serta kelompok pakaian dan alas kaki.

Baca Juga: Harga Komoditas Mulai Merangkak Naik, Cilacap dan Banyumas kembali Inflasi

"Peningkatan harga pada komoditas tersebut dipengaruhi peningkatan konsumsi dan mobilitas masyarakat pada momen Hari Raya  Idul Fitri yang jatuh pada bulan Mei 2021," ujar Kepala BI Purwokerto, Samsun Hadi dalam rilis yang diterima Portal Purwokerto.

Bulan sebelumnya inflasi tercatat sebesar 0,04% (mtm). Laju inflasi Purwokerto terpantau lebih rendah dibandingkan inflasi Nasional yang tercatat sebesar 0,32% (mtm), namun lebih tinggi dibandingkan inflasi Jawa Tengah yang tercatat sebesar 0,17% (mtm).

Pada Mei lalu, inflasi di Purwokerto terutama bersumber dari peningkatan harga komoditas pada kelompok transportasi yang memberikan andil sebesar 0,08 persen.

Baca Juga: Wisuda Sekolah Pelayaran Purwokerto di Grand Karlita Bubar, 10 Orang Diswab dan Hasilnya Begini

Hal ini berasal dari kenaikan harga angkutan antarkota dan tarif kereta api seiring dengan peningkatan mobilitas masyarakat pada momen Hari Raya Idul Fitri. Di sisi lain, inflasi tertahan oleh penurunan harga pada komoditas cabai rawit, cabai merah dan beras. ***

Editor: Dyah Sugesti Weningtyas


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x