Ala Selokan di Jepang, Pokdakan Minadadi Sokaraja, Ubah Irigasi Jadi Wisata Budidaya Ikan

- 12 Januari 2021, 21:05 WIB
Salah satu kegiatan yang ditawarkan Pokdakan Minadadi di Desa Wiradadi Sokaraja Banyumas yang menyulap irigasi menjadi tempat wisata berbasis budidaya ikan /Hening Prihatini/Pokdakan Minadadi

PORTAL PURWOKERTO - Ada yang berbeda saat mengunjungi Perumahan Graha Wiradadi Regency atau yang juga dikenal sebagai Perumahan Shamara di Wiradadi, Sokaraja Banyumas.

Di salah satu spot di perumahan ini terdapat sebuah tempat wisata yang berbasis budidaya ikan.

Sekilas tampak biasa saja, namun, saat mendekati irigasi yang berada tepat di samping perumahan ini, ribuan ikan berenang dalam keramba-keramba besar.

Baca Juga: Benarkah Ibu Hamil dan Balita Dapat BLT Rp6 Juta? Cair Januari 2021, Simak Syarat dan Caranya

Jika diamati, irigasi tersebut disulap seperti selokan yang ada di Jepang dimana ikan berenang bebas dalam beningnya air mengalir.

Begitu juga di tempat wisata budidaya ikan ini. Jika sedang tidak hujan, air irigasi yang mengaliri keramba-keramba tersebut lebih bening sehingga ikan yang ada didalamnya jelas terlihat.

Baca Juga: Ke 59 Korban Sriwijaya Air Sj 182 Teridentifikasi, Begini Cara DVI Polri Kenali Korbannya

Adalah kelompok pembudidayaan ikan (Pokdakan) Minadadi yang memiliki ide menyulap irigasi yang melewati perumahan mereka menjadi tempat budidaya ikan hingga menjadi tempat wisata bagi anak-anak dan keluarga.

"Ide ini berasal dari seorang warga disini yang namanya Mas Jun. Kemudian bersama warga lain didiskusikan dan jadilah seperti sekarang ini," kata ketua Pokdakan Minadadi Noviar Ilmawan pada Selasa, 13 Januari 2021.

Halaman:

Editor: Hening Prihatini


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X