Penting! Ini Golongan Peserta yang Layak Menerima PIP! Apakah Anda Termasuk?

- 10 Januari 2024, 20:49 WIB
Iluatrasi. Penting! Ini Golongan Peserta yang Layak Menerima PIP! Apakah Anda Termasuk?.*
Iluatrasi. Penting! Ini Golongan Peserta yang Layak Menerima PIP! Apakah Anda Termasuk?.* /@masmenteri

 

PORTAL PURWOKERTO - Penting! Ini golongan peserta yang layak menerima PIP! Apakah Anda termasuk? Program Indonesia Pintar atau yang biasa disebut dengan PIP, merupakan tahap 2 dari penyaluran BLT ini merupakan lanjutan dari tahap sebelumnya, 

Bantuan ini berupa uang tunai sebesar Rp1 juta dan disalurkan khususnya kepada siswa penerima yang baru saja melakukan aktivasi rekening.

Program Indonesia Pintar (PIP) akan berlanjut pada 2024. Sebagai informasi, alokasi PIP tahun 2024 ditujukan untuk 18,59 juta SD, SMP, SMA/SMK. Adapun bantuan dana PIP untuk siswa jenjang SMA/SMK meningkat dari Rp 1 juta pada 2023, menjadi Rp 1,8 juta pada tahun ini.

Dana dari Program Indonesia Pintar (PIP) dapat dimanfaatkan untuk mendukung kebutuhan peserta didik, termasuk namun tidak terbatas pada pembelian perlengkapan sekolah atau kursus, uang saku dan biaya transportasi, biaya praktik tambahan, serta biaya uji kompetensi.

Baca Juga: Tanpa PIP Kemdikbud, Anak Sekolah Bisa Dapat Bantuan Rp500 Ribu! INI Cara Cek Penerima PKH 2024

Bantuan berupa uang tunai ini diharapkan dapat memperluas akses dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

Selain itu, PIP dirancang untuk tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur formal sd sampai sma/smk dan jalur non formal paket A sampai paket C dan pendidikan khusus. 

PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Kategori Peserta yang Layak Menerima PIP

Berikut ini kategori peserta yang layak menerima PIP:

Halaman:

Editor: Yumi Karasuma


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x