6 Ide Jualan Bulan Puasa Es Buah Sehat Segar dan Warna Warni!

- 26 Februari 2024, 08:00 WIB
6 Ide Jualan Bulan Puasa Es Buah Sehat Segar dan Warna Warni!/Es Bongko Pontianak
6 Ide Jualan Bulan Puasa Es Buah Sehat Segar dan Warna Warni!/Es Bongko Pontianak /Cookpad/Irna Soviana

PORTAL PURWOKERTO - Es buah bisa menjadi ide jualan bulan puasa yang sangat cerdas. Di bilan puasa, banyak orang berlomba-lomba untuk mencari minuman dan makanan untuk berbuka puasa di sore hari.

Ide jualan bulan puasa yang cukup menarik untuk disajikan adalah es buah. Selain segar, es buah juga memiliki banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. 

Sayangnya, seringkali es buah disajikan dengan tingkat kemanisan yang cukup tinggi. Sehingga tak lagi sehat, namun malah dikhawatirkan dapat menimbulkan masalah kesehatan lainnya dengan meningkatnya kadar gula dalam tubuh.

Salah satu solusi agar es buah tidak terlalu manis adalah dengan menggunakan pemanis alami yang berasal dari buah itu sendiri. Apabila masih dirasa kurang manis, penjual es buah dapat menyematkan gula cair sebagai tambahan apabila diperlukan.

Ternyata, dari Sabang hingga Merauke, terdapat aneka es buah asli nusantara yang menggunakan bahan-bahan setempat yang mudah didapat. Tentunya ini membuat modal es buah menjadi cukup murah, dibandingkan menggunakan bahan dasar impor.

Baca Juga: Ide Jualan Bulan Puasa, Resep Rice Bowl Ekonomis Mudah dijual dan Enak!

Ide Jualan Bulan Puasa: Es Buah Nusantara

1. Es Kelacin

Berasal dari Sulawesi Barat, Es Kelacin aslinya terbuat dari cincau hitam atau camcao dengan kuah santan kelapa dan sirup gula merah.

Cincau hitam didapatkan dari seluruh bagian tanaman janggelan (Mesona palustris BL) yaitu daun, ranting, dan batang. Tanaman tersebut dikeringkan dibawah sinar matahari selama beberapa hari sampai benar-benang kering.

Halaman:

Editor: Lasti Martina


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x